Dinas Sosial Kabupaten Brebes

           PROFIL

                    DINAS SOSIAL KABUPATEN BREBES

                                                                                                                         

Asal mula terbentuknya Dinas Sosial Kabupaten Brebes adalah sebagai berikut :

              Pada tahun 1981 terbentuk Kantor Ditektorat Jendral Transmigrasi (KanDitJen Trans) Kabupaten Brebes yang kemudian pada tahun 1985 berubah nama menjadi Kantor Departemen Trasmigrasi dan Permukiman Perambah Hutan (Kandep Trans dan PPH) Kabupaten Brebes dengan Kepala Kantor Bapak J.R DJOKOMOELJONO.Pada tahun 2001 dengan adanya Otonomi Daerah Kantor Departemen Transmigrasi dan Permukiman Perambahan Hutan Kab. Brebes bersama dengan Kantor Catatan Sipil Kab. Brebes dan Asisten III Sekda Kab. Brebes Bidang Kependudukan melebur menjadi Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Brebes dengan Kepala Dinas ibu Ir. BUDI RAHAYU.Perubahan SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kerja) baru pada tahun 2009 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Brebes terpecah menjadi 2 (dua) yaitu :

1.      1.Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kab. Brebes dengan kepala Dinas Bapak G. ROHASTONO AJIE yang sebelumnya Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kab. Brebes

2.      2.Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Brebes dengan Kepala Dinas bapak Drs.H.TARSUN, MM yang sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disdukpilnakertrans) Kab. Brebes.Pada tahun 2010 Bapak Drs.H.TARSUN,MM memesuki masa usia pensiun dan digantikan oleh Bapak Ir. AMIN BUDI RAHARJO,MPi.Pada tahun 2013 Bapak Ir. AMIN BUDI RAHARJO,MPi mutasi menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DinParbudpora) Kab. Brebes dan digantikan oleh Bapak H. SYAMSUL KOMAR KAEDY,S.Sos.

Pada tanggal  4 Januari 2017 berdasarkan PERDA No.5 tahun 2016 tentang Petunjuk dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), maka Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Brebes terpecah menjadi 2 (dua) yaitu:

1.      Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kab. Brebes dengan Kepala Dinas Bapak Drs. ZAENUDIN,MSi.

2.      Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes dengan Kepala Dinas Bapak H. SYAMSUL KOMAR KAEDY,S.Sos sampai sekarang.Pada tahun 2018 Bapak H. Syamsul Komar Kaedy,S.Sos mutasi menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) digantikan oleh Bapak Drs. Khambali,MH.Pada tahun 2020 Bapak Drs. Khambali, MH mengajukan Bebas Tugas (BT) (6) enam bulan sebelum masa pensiun nya, selanjutmya Kepala Dinas Sosial Kab. Brebes di jabat oleh Bapak Drs. Masfuri, MM sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Pada tahun 2021 Bapak Drs. Masfuri, MM di lantik menjadi Kepala Dinas Sosial secara Definitif.

Demikian Sejarah Singkat Dinas Sosial Kabupaten Brebes, semoga bermanfaat.

 

 

 

Brebes,       Januari 2021

Penyusun